Tips Dan Trik Agar Sukses Dalam Test Toefl

Tips Dan Trik Agar Sukses Dalam Test Toefl – TOEFL adalah sebuah tes yang bisa menentukan masa depan sesorang. Meskipun tidak absolute, namun tes TOEFL sangat penting dan dibutuhkan dalam jalur pendidikan dan intelektual. Tes TOEFL biasanya dibutuhkan untuk masuk sebuah universitas dan mendapatkan beasiswa. Tes TOEFL kadang juga dibutuhkan dalam dunia kerja.

Mendapatkan nilai hasil tes yang tinggi adalah dambaan dari setiap orang. Namun tentu ini tidaklah mudah. Dibutuhkan banyak strategi dan pengetahuan dalam berbahasa inggris untuk bisa meraih kesuksesan dalam ujian test TOEFL.

Bagi anda yang sedang mempersiapkan tes TOEFL, kami berikan tips dan trik agar sukses dalam test TOEFL baik sebelum maupun saat tes dilakukan.

  1. Meningkatkan pengetahuan berbahasa

Tingkatkan pengetahuan tentang bahasa inggris anda sebelum memulai persiapan TOEFL. Tingkat penguasaan berbahasa Inggris yang tinggi dapat membuka kesempatan mendapatkan level yang tinggi pula. Beberapa cara untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam berbahasa inggris diantaranya dengan menonton tayangan berbahasa Inggris tanpa teks dubbing, mendengarkan radio berbahasa inggris, membaca berbagai bacaan teks bahasa Inggris dan lain-lain. Berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris sebanyak-banyaknya juga bisa dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan sekaligus kemampuan berbahasa inggris.

  1. Belajar Tekun

Ini juga penting, tidak ada salahnya mencoba membuat manajemen waktu. Kurangilah waktu untuk tugas-tugas tertentu dan fokuslah pada materi Toefl. Belajar mendengarkan dan membaca berbagai petunjuk yang ada pada masing-masing komponen TOEFL dengan  cermat dan hati-hati.

Pembuat tes TOEFL seringkali menggunakan pengecoh kata yang membuat jawaban yang salah kelihatan benar. Oleh karenanya, pemahaman soal beserta pilihan jawabannya harus benar-benar dibiasakan. Jangan sampai nanti terjebak oleh pengecoh dalam soal.

  1. Kenali Tipe-Tipe Soal tes

Mempelajari terlalu banyak materi tes dalam waktu singkat bukanlah teknik efektif dalam menghadapi tes apapun. Begitu juga dalam tes TOEFL. Oleh karenanya gunakanlah media belajar yang tepat yang sesuai dengan kemampuan anda. Semua media baik yang berupa buku, software maupun simulasi sudah menyediakan tipe-tipe soal test TOEFL yang bisa dikenali dan dipelajari. Pastikan Anda memahami apa yang harus dilakukan pada setiap bagian dalam soal, seberapa panjang dan spesifik tipe-tipe soal yang disajikan.

  1. Persiapan Matang Saat Tes

Sebelum pelaksanaan test, pastikan semua alat dan kebutuhan sudah tersedia misalnya formulir pendaftaran, kartu identitas, nomor tes, alat tulis dan sebagainya. Jika belum  mengetahui lokasi tes TOEFL dilaksanakan, anda harus mencari tahu lokasinya sebelum tes berlangsung. Juga pastikan anda tidak terlalu capek di hari sebelumnya agar fresh dan smart di hari tes. Pastikan sudah cukup banyak waktu untuk tidur, sarapan, dan minum. <emakai jam tangan jadi pilihan bijak untuk bisa mengukur waktu pengerjaan tes.

Baca Juga : Mau membeli suplemen? Utamakan ketiga hal ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *